Headlines
Loading...
Lestarikan Budaya , Perhimpunan Seni Main Kuntau "Huma Ije Pakat" Gelar Ajang Kuntau Cup I

Lestarikan Budaya , Perhimpunan Seni Main Kuntau "Huma Ije Pakat" Gelar Ajang Kuntau Cup I


Muara Teweh - Dalam rangka untuk melestarikan budaya bangsa, Perguruan Pencak Silat Perisai Kalimantan bersama dengan Borneo Fighter Club Seni Main Kuntau Barito Utara menggelar kegiatan KUNTAU CUP I yang dilaksanakan dari tanggal 05-06 Oktober 2024.


Beberapa cabang lomba yang dipertandingkan diantaranya Lawang Sekepeng, Kuntau Kreatif Perorangan, Bungaan Perguruan Satu Turunan, Jurus Tunggal IPSI dan Kelas Tanding SD, SMP, dan SMA


Bertempat di Gedung KONI Barito Utara , tampak puluhan Anggota Perguruan Pencak Silat dari Perisai Kalimantan dan Borneo Fighter Club Seni Main Kuntau Barito Utara dari berbagai kelompok umur dan cabang tampak didampingi orang tua dari peserta sangat bersemangat dan antusias mengikuti perlombaan Kuntau Cup I Kabupaten Barito Utara.


Ketua Panitia, R. Fathur Rahman mengatakan kegiatan tersebut diikuti oleh setidaknya kurang lebih 80 Peserta dari berbagai jenjang dan cabang dari dua perguruan Pencak Silat Kuntau di Kabupaten Barito Utara.

" Kegiatan yang dilaksanakan di Muara Teweh ini, pesertanya itu sekitar 80 orang dari beberapa cabang yang diantaranya dari kecamatan Teweh Tengah, Teweh Timur, dan kecamatan Teweh baru, termasuk juga dari sekolah SDN Melayu 9 dan SMPN 2 serta sejumlah pondok pesantren, yaitu yang dari 2 perguruan silat Kuntau di Kabupaten Barito Utara,"Jelasnya, Sabtu (05/10/2024) siang.

Dirinya juga berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan peserta dan juga potensi peserta.

"Harapan kami kegiatan ini, dapat meningkatkan pemahaman keterampilan dan seni bela diri tradisional kemudian mendorong pengembangan potensi generasi muda dalam mempertahankan dan melestarikan budaya menumbuhkan sikap persaudaraan itu harapannya dari pertandingan,"harapnya.

Dalam kegiatan pembukaan di Gedung KONI tersebut, tampak sejumlah tamu undangan diantaranya, Koni Barito Utara, Guru dari masing-masing cabang, Perwakilan PT Padang Karunia Grup, Perwakilan PT.Bimal dan juga orang tua dari peserta Kuntau Cup I.(Anang F)

0 Comments: