Headlines
Loading...
Inilah Target Sasaran Operasi Zebra Maung 2024 Polda Banten yang Digelar Mulai Hari Ini

Inilah Target Sasaran Operasi Zebra Maung 2024 Polda Banten yang Digelar Mulai Hari Ini


SERANG, INFOTERBIT.COM - Polda Banten laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Maung 2024 di Lapangan Polda Banten pada Senin (14/10/2024). Operasi akan dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 14-27 Oktober 2024.


Saat memimpin apel, Wakapolda Banten Brigjen Pol Hengki mengatakan ada beberapa pelanggaran yang menjadi sasaran utama operasi, yakni; memasang rotator dan sirine bukan untuk peruntukan, penertiban ranmor memakai plat rahasia/plat dinas, pengemudi ranmor dibawah umur, kendaraan melawan arus, berkendara dibawah pengaruh alkohol dan narkoba, menggunakan HP saat berkendara dan mengemudi tidak menggunakan sabuk pengaman/safety belt.


Selanjutnya; melebihi batas kecepatan, sepeda motor berboncengan lebih dari satu, ranmor R4 atau lebih tidak layak jalan, ranmor R4 atau lebih tidak dilengkapi perlengkapan standart, ranmor R2 atau R4 tidak dilengkapi STNK, melanggar marka jalan/bahu jalan dan penyalahgunaan TNKB Diplomatik. 


"Operasi Zebra Maung 2024 merupakan operasi Harkamtibmas yang mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif dan humanis serta penegakan hukum secara elektronik baik statis maupun mobile dan teguran simpatik bagi pelanggar lalu lintas sekaligus membentuk karakter masyarakat yang disiplin dan taat pada aturan hukum yang berlaku,” ucapnya.


Berdasarkan hasil analisa dan evaluasi pelaksanaan Operasi Zebra Maung tahun 2022 dengan tahun 2023, trend pelanggaran yang ditindak melalui Etle Statis dan Mobile mengalami  penurunan  sebesar  0,21%  dari Jumlah 8.587 pelanggaran pada tahun 2022 Menjadi 6.715 pada tahun 2023.


Sedangkan angka kecelakaan lalu lintas mengalami kenaikan sebesar 255% dari 11 kejadian kecelakaan pada tahun 2022 menjadi 39 kejadian kecelakaan pada tahun 2023. Untuk korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas mengalami kenaikan 71% dari 7 korban pada tahun 2022 menjadi 12 korban pada tahun 2023.


Dalam pelaksanaan kegiatan Operasi Zebra Maung 2024, Polda Banten menurunkan lebih dari 500 personel. Tujuannya untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan fatalitas korban serta membangun kesadaran dan meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas.


Sementara, Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Leganek berharap kepada masyarakat untuk mematuhi peraturan lalu lintas. “Saya berharap untuk masyarakat Banten agar senantiasa menjaga kamtibmas selama berkendara baik menggunakan R2 atau R4 semoga selamat sampai tujuan,” tutupnya.


Ananta/TiMS


0 Comments: