Headlines
Loading...
Cagub Banten Andra Soni: Pernikahan Dini Marak Karena Banyak Remaja Putus Sekolah

Cagub Banten Andra Soni: Pernikahan Dini Marak Karena Banyak Remaja Putus Sekolah


TANGERANG, INFOTERBIT.COM - Calon Gubernur (Cagub) Banten Andra Soni prihatin dengan maraknya pernikahan dini di masyarakat. Hal ini terjadi akibat masih banyaknya remaja putus sekolah di Provinsi Banten.


Andra menyebutkan, salah satu penyebab tingginya angka pernikahan dini adalah anak-anak yang putus sekolah, khususnya perempuan. Menurutnya, hal ini bisa berdampak buruk pada pembangunan sumber daya manusia.


"Jika anak-anak tidak melanjutkan pendidikan, terutama yang perempuan, pernikahan dini lebih mungkin terjadi. Ini akan menjadi kemunduran, bukan hanya bagi individu, tetapi juga bagi bangsa," ujar Andra saat kampanye di Kresek Tangerang, Rabu (22/10/2024).


"Jika anak-anak tidak melanjutkan pendidikan, terutama yang perempuan, pernikahan dini lebih mungkin terjadi. Ini akan menjadi kemunduran, bukan hanya bagi individu, tetapi juga bagi bangsa," ujar Andra.


Ia juga menambahkan, pernikahan dini sering kali berkontribusi pada tingginya angka kematian ibu dan bayi serta memperparah masalah stunting di Banten. 


Konsekwensinya adalah meningkatnya kematian ibu dan bayi, serta stunting. Ini masalah serius yang kita hadapi," kata Andra. 


Untuk itu, Andra-Dimyati mengusulkan program sekolah gratis hingga jenjang SMA/SMK, baik di sekolah negeri maupun swasta. Mereka juga berencana bekerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah guna memastikan akses pendidikan bagi semua anak di Banten. Selama ini, menurut Andra.


Andra Soni mengatakan, program sekolah gratis yang ia usung bersama Dimyati Natakusumah dapat menekan angka pernikahan dini di Banten.  


Ananta/TiMS


0 Comments: