Headlines
Loading...
Viral Video 10 Kades di Kab. Serang Dukung Salah Satu Cagub-Cabup, Kinerja Bawaslu Dipertanyakan

Viral Video 10 Kades di Kab. Serang Dukung Salah Satu Cagub-Cabup, Kinerja Bawaslu Dipertanyakan


TANGERANG, INFOTERBIT.COM - Beredar di media sosial (medsos), video deklarasi 10 kepala desa (kades) di Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang menyatakan dukungan terhadap salah satu pasangan calon (paslon) Gubernur-Wagub Banten dan salah satu paslon Bupati-Wabup Serang.


Video yang viral ini langsung mengundang reaksi berbagai elemen masyarakat. Salah satunya dari DPW LSM TAMPERAK Provinsi Banten. Lembaga ini mempertanyakan kinerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).


Ketua DPW LSM TAMPERAK Provinsi Banten Ahmad Sudita menegaskan bahwa kepala desa dilarang ikut politik praktis.


"Jika ada kepala desa mendukung salah satu pasangan calon gubernur maupun bupati, itu jelas perbuatan melawan hukum dan ada ancaman hukumannya," ujar Ahmad Sudita.


Untuk itu, dia minta agar Bawaslu bergerak cepat menyikapi dan memproses masalah ini. Hal tersebut untuk untuk menjaga kemurnian demokrasi di Banten dan untuk menciptakan hasil pilkada yang terbebas dari permainan kekuasaan yang sewenang-wenang.


"Bawaslu nggak boleh loyo, jika Bawaslu tidak segera bergerak cepat memproses masalah ini, maka perlu dipertanyakan kinerjanya!" tegas Ahmad Sudita.


Dia menilai, lembaga Bawaslu harus kuat sebagai benteng pertahanan penegakan hukum untuk demokrasi di Banten.


SF/Ananta/TiMS


0 Comments: