Headlines
Loading...
Bunda Migran Banten Kunjungi Kantor Kemenlu Bahas Berbagai Persoalan Pekerja Migran

Bunda Migran Banten Kunjungi Kantor Kemenlu Bahas Berbagai Persoalan Pekerja Migran


JAKARTA, INFOTERBIT.COM - Bunda Migran Banten, Indah Rusmiati, SH., SIP., MIP., mengunjungi Kantor Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) di Jakarta, Senin 9 September 2024. Kunjungan Indah Rusmiati didampingi tim InfoTerbit ini untuk membahas berbagai persoalan yang dialami oleh pekerja migran Indonesia (PMI), khususnya TKW yang bekerja secara ilegal/nonprosedural.


Dalam kunjungan itu, Bunda Migran Indah Rusmiati disambut langsung oleh Kasubdit Kawasan Timur Tengah Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Ahmad Baihaki.


Menurut Indah, pada kesempatan bertemu pejabat Kemenlu, dirinya membeberkan berbagai persoalan pekerja migran (TKW), khususnya yang ada di wilayah Pantura Kabupaten Tangerang.


"Saya turun langsung bersama InfoTerbit, door to door ke rumah-rumah TKW yang mengalami masalah di luar negeri, khususnya negara-negara Timur Tengah. Mereka yang mengalami masalah, rata-rata berangkat secara ilegal," kata Indah Rusmiati.


Pihaknya mengajak Kemenlu untuk bersinergi dalam berbagai program untuk mencegah warga bekerja ke luar negeri secara ilegal. "Sosialisasi untuk mencegah PMI atau TKW berangkat kerja ke luar negeri secara nonprosedural harus terus dilakukan agar tidak ada lagi korban-korban akibat ulah sponsor maupun pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab," tegas Indah Rusmiati yang juga mantan anggota DPRD Banten.


Untuk itu, Indah mengajak pihak Kemenlu berkolaborasi untuk meningkatkan ketrampilan dan keahlian para calon pekerja migran. Sehingga ketika akan berangkat kerja sudah punya bekal ilmu yang cukup dan terhindar dari ulah pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.


Ananta/TiMS



0 Comments: