Headlines
Loading...
Bambu Numpuk di Pulo Cangkir Kronjo, Pokmaswas: Kami Telusuri, Infonya untuk Pagar Laut

Bambu Numpuk di Pulo Cangkir Kronjo, Pokmaswas: Kami Telusuri, Infonya untuk Pagar Laut


TANGERANG, INFOTERBIT.COM - Tumpukan bambu dalam jumlah banyak terlihat di kawasan wisata Pulo Cangkir Kronjo Kabupaten Tangerang. Hingga kini belum diketahui untuk apa bambu-bambu itu.


Di sisi lain, Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Perikanan Cipasilian Kronjo mulai melakukan penelusuran terkait hal ini.


"Kami sedang telusuri, untuk apa bambu-bambu itu. Infonya, bambu itu untuk pemagaran laut. Kalau memang benar, kami akan minta klarifikasi dari pelaksana pekerjaan, apakah pemagaran laut itu sudah lengkap perizinannya," ujar Ketua Pokmaswas Cipasilian, Khairus Gama kepada InfoTerbit, Selasa 17 September 2024.


Menurut Khairus, Pokmaswas yang dibentuk oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) punya tugas membantu pemerintah dalam pengawasan Kawasan Konservasi Perairan, termasuk melaporkan tindakan pelanggaran dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan.


Adapun tugas Pokmaswas yang tercantum dalam peraturan Dirjen PSDKP No. 5 Tahun 2021 tentang Pembinaan Pokmaswas.


"Jika memang benar bambu-bambu itu untuk pemagaran laut, harusnya lebih dulu disosialisasikan. Sebab, jangan sampai berdampak pada nelayan yang kesehariannya menggantungkan nasibnya dari perairan di sekitar Pulau Cangkir," ujarnya.


"Setiap aktifitas yang berkaitan dengan laut, harus memiliki izin pemanfaatan ruang laut. Makanya kita perlu tahu, apakah pemagaran laut itu juga sudah melengkapi izin yang dipersyaratkan," ujarnya.


Ananta/TiMS


0 Comments: