Headlines
Loading...
250 Ha Tanaman Padi di Desa Kedung Panen Serentak, Kades H. Saadullah: Alhamdulillah

250 Ha Tanaman Padi di Desa Kedung Panen Serentak, Kades H. Saadullah: Alhamdulillah


TANGERANG, INFOTERBIT.COM - Sekitar 250 hektare (ha) tanaman padi milik petani di Desa Kedung, Kec. Gunung Kaler, Kab. Tangerang panen serentak pada musim panen bulan September 2024 ini. Panen serentak ini sudah terealisasi sejak dua musim tanam tahun ini.


Kepada Desa Kedung, H. Saadullah saat dikonfirmasi InfoTerbit.com Sabtu 14 September 2024 bersyukur atas panen serentak petani di wilayahnya.


"Alhamdulillah, kami bersyukur panen kali ini juga bisa serentak. Hasil panenan juga bagus, minim serangan hama," ujar Saadullah saat memantau warganya yang sedang panen.


Menurut Saadullah, panen bisa dilakukan serentak, karena saat masa tanam sebelumnya juga dilakukan berbarengan. "Hal ini karena penggarapan lahan antar kelompok tani di deaa kami juga bersamaan," katanya.


Sebelumnya, baik masa tanam maupun panen di Desa Kedung tidak bisa dilakukan serentak. Penyebabnya karena minimnya peralatan untuk pengolahan lahan pertanian seperti hand tractor (traktor tangan). Para petani harus menyewa ke pihak lain dan itu pun harus mengantri atau bergiliran dengan penyewa lainnya.


"Tapi sekarang, para kelompok tani yang ada sudah kami bekali traktor tangan tanpa harus menyewa dan tanpa perlu mengantri sehingga mempercepat pengolahan lahan," ujarnya.


Hingga saat ini, Kades Kedung H. Saadullah sudah menyalurkan 5 unit hand tractor untuk anggota kelompok tani di desanya. Dana pembeliannya bersumber dari anggaran Dana Desa.


"Ke depan, kita akan kembali beli hand tractor untuk kelompok tani yang lain. Jika semua tercukupi, maka panen serentak bisa dilakukan pada 350 hektare lahan pertanian," kata H. Saadullah.


Ananta/TiMS



0 Comments: