Headlines
Loading...
Pengamat Politik The Sultan Center Malik Fatoni: 3 Hal ini Jadikan Mad Romli-Irvansyah Pilihan Tepat untuk Warga Kab. Tangerang

Pengamat Politik The Sultan Center Malik Fatoni: 3 Hal ini Jadikan Mad Romli-Irvansyah Pilihan Tepat untuk Warga Kab. Tangerang


TANGERANG, INFOTERBIT.COM - Pengamat Politik Malik Fatoni menilai, pasangan calon bupati-calon wakil bupati Tangerang H. Mad Romli-H. Irvansyah Asmat akan menjadi pesaing berat bagi kandidat lainnya.


Hal ini disampaikan Malik Fatoni dari The Sultan Center (Pusat Studi Kepemimpinan Publik) dalam wawancara khusus dengan InfoTerbit.com di Tangerang, Rabu 21 Agustus 2024.


Malik menjabarkan, ada beberapa hal yang membuat duet Mad Romli-Irvansyah saat ini dalam posisi "diatas angin".


Pertama, dia melihat peta dukungan politk terhadap Mad Romli dan Irvansyah mencerminkan aspek keberagaman nasionlisme yang diperkuat oleh basis religiusitas.


"Dari sisi nasionalisme terlihat dari hadirnya Golkar dan PDIP yang mengusung partai ini. Sementara kehadiran Partau Demokrat dan PPP memperkuat aspek religiusitas itu sendiri seprti tergambar atas pada platform partai itu," ujar Malik yang juga Peneliti Senior The Sultan Center.


Mad Romli, ujar Malik, adalah sosok nasionalis yang berpengalaman di birokrat sebagai mantan Wakil Bupati. Sedangkan Irvansyah selain nasionalis juga religiusitas dengan latar belakangnya sebagai Sekjen PP Majelis Dzikir Baitul Muslimin Indonesia. "Orang tua beliau adalah Kiyai besar di Kabupaten Tangerang," katanya.


Kedua, menurut Malik Fatoni, dalam kajian dan risetnya di The Sultan Center, jika mengacu pada komposisi perolehan jumlah dukungan suara partai di lembaga legislatif, maka dihasilkan nilai keseimbangan walau partai yang mendukung pasangan Mad Romli-Irvansyah anya 4 partai, tapi peroleh kursinya signifikan.


"Tapi jika di lihat dari potensi perolehan suara partai di masyarakat walau hanya didukung oleh 4 partai, ini maka peluang menang dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Tangerang cukup besar. Karena indikator dilihatnya dari sebaran suara pemilih dari 4 partai tersebut," ungkap Dosen Ilmu Pemerintahan Uniba Serang ini.


Terlebih, Golkar dan PDIP silih berganti menjadi pemenang pemilu selama 3 dekade putaran pemilih.


Ketiga, Malik menilai, H. Mad Romli atau H. Ombi adalah Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Tangerang memiliki latar belakangnya sebagai seorang pengusaha. Hal ini diyakini dapat menarik sejumlah investor luar untuk berinvestasi di Kabupaten Tangerang hingga akan menambah PAD serta mengurangi angka pengangguran dan kesenjangan saat ini.


"Kami menilai, pasangan Mad Romli-Irvansyah menjadi pilihan yang tepat untuk masyarajat Kabupaten Tangerang," ujar Malik Fatoni.


Ananta/TiMS



0 Comments: