Headlines
Loading...
5 Calon Tenaga Kerja Indonesia Diduga Kena Tipu Sponsor Hingga Puluhan Juta Rupiah

5 Calon Tenaga Kerja Indonesia Diduga Kena Tipu Sponsor Hingga Puluhan Juta Rupiah


TANGERANG, INFOTERBIT.COM - Sebanyak 5 Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) diduga kena tipu Sponsor/Calo hingga puluhan juta rupiah. Lima CTKI itu dijanjikan mendapat pekerjaan sebagai cleaning service di salah satu Rumah sakit di negara Kuwait.


Salah satu korban, Komarudin asal Kp. Pondok Desa Jenggot bersama korban lainnya dari Kp. Merapit dan dan Kp Baru mengaku telah memberikan uang kepada Sponsor berinisial N. Jumlahnya masing-masing korban bervariasi antara Rp17 juta hingga Rp25 juta.


"Setelah medical checkup, para CTKI dibuatkan paspor daerah Depok Jawa barat oleh pihak calo/sponsor dan para TKI diminta membayar biaya proses untuk bekerja sebagai cleaning service di sebuah rumah sakit negara Kuwait," ujar komarudin.


Mereka akhirnya memberikan uang proses itu karena tergiur iming-iming gaji besar Rp13 juta perbulan dengan peluang kerja cleaning service yang ditawarkan oleh calo/sponsor N.


Komarudin menjelaskan, dia bersama teman lainnya ikut mendaftarkan diri untuk menjadi CTKI pada bulan Februari 2024 melalui calon/sponsor N.


Namun hingga bulan Agustus 2024, para calon TKI ini tidak juga diberangkatkan maupun dipekerjakan di negara Kuwait.


"Kami telah meminta pertanggung jawaban kepada sponsor, tapi sepertinya tidak mau bertanggung jawab mengembalikan uang yang sudah diterima," ungkapnya.


Atas hal itu, para korban ini akan melaporkannya ke pihak Kepolisian didampingi oleh tim dari Forum Perlindungan Migran Indonesia DPW Banten.


MN/NTA/TiMS


0 Comments: