Headlines
Loading...
Kisah Sukses Bhabinkamtibmas Polsek Balaraja Aipda Ikrar Bina Petani di Sukamulya

Kisah Sukses Bhabinkamtibmas Polsek Balaraja Aipda Ikrar Bina Petani di Sukamulya


TANGERANG, INFOTERBIT.COM - Aipda Ikrar Dinata, Bhabinkamtibmas Desa Sukamulya Polsek Balaraja Polresta Tangerang melakukan pembinaan petani melalui inovasinya. Hal yang dilakukan dengan mengubah cara pengolahan lahan sehingga petani dapat meningkatkan pendapatan.


"Inovasi ini muncul ketika saya melaksanakan warung Bhabinkamtibmas Kapolda Banten untuk belanja masalah, dan saya ingin mengerakan kelompok tani agar bermanfaat buat lingkungan sekitarnya," katanya.


Selanjutnta, Ikrar membin petani sayuran di Desa Sukamulya. Sayuran yang dibudayakan adalah sayuran yang berumur 18-30 hari seperti kangkung, bayam dan bawang merah. Sayuran ini ditanam di lahan Kelompok Tani Agro Tani Tunas Harapan dengan luas 6.550 meter milik bapak Obet dan sebagian tanah wakaf dari warga.


"Sekarang, kami pun mengembangkan sayuran lainnya seperti kacang tanah, timun, cabe, caisim, pare, pepaya, dan terong,” jelas Ikrar.


Dijelaskan, idenya untuk mengembangkan pertanian sayuran ini didasari keluhan warga yanh kesulitan mencari pekerjaan. "Dari hasil belajar secara otodidak, saya mengajak warga untuk melakukan diversifikasi tanaman sehingga tidak hanya mengandalkan satu jenis tanaman saja yaitu jenis padi saja," ujarnya.


Kini, warga yang tergabung dalam Kelompok Agro Tani Tunas Harapan mampu meningkatkan pendapatan dengan pengembangan tanaman sayuran. Seperti panen bulan Mei lalu, tanaman Bawang produktivitas: 2.5 ton/0.25 hektar dengan harga jual: Rp. 20.000/kg - 30.000/kg hingga petani memiliki pendapatan Rp60 Juta. "Dengan biaya produksi Rp10 juta, maka kelompok tani ini mendapat keuntungan bersih Rp40-50 juta,” tutur Ikrar.


Ananta/TiMS


0 Comments: