Headlines
Loading...
Pemdes Mekar Baru Bersama BP3MI dan Kawan PMI Kab. Tangerang Sosialisasi Cegah PMI Ilegal

Pemdes Mekar Baru Bersama BP3MI dan Kawan PMI Kab. Tangerang Sosialisasi Cegah PMI Ilegal


TANGERANG, INFOTERBIT.COM - Pemerintah Desa (Pemdes) Mekar Baru, Kec. Mekar Baru, Kab. Tangerang menggelar Sosialisasi Pencegahan Penempatan Pekerja Migran Indonesia Secara Nonprosedural, Rabu 18 Oktober 2023.


Kegiatan yang diadakan di Aula Balai Desa Mekar Baru ini dihadiri oleh Kades Mekar Baru Suja'i dan dibuka oleh Camat Mekar Baru, Aan Ansori, SIP., M.Si. Selain itu hadir Sekcam Udin, S.Ag, Kasi Pemberdayaan Mufti, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Mekar Baru.


Dari pihak BP3MI Banten hadir Kasi Kelembagaan dan Pemasyarakatan, Berliandy SH dan anggota Kawan PMI Kab. Tangerang, Marnan Sarbini (Ketua) dan Ananta (Divisi Penyebarluasan Informasi).


Sekedar diketahui, Kawan PMI Kabupaten Tangerang adalah Komunitas Relawan Pekerja Migran Indonesia yang dibentuk oleh BP2MI (Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia) melalui BP3MI (Balai Pelayanan Pekerja Migran Indonesia).


Saat ini, Kawan PMI telah dibentuk di 175 Kabupaten/Kota kantong Pekerja Migran Indonesia di 9 Provinsi yakni Banten, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Selatan. Setiap Kabupaten/Kota, Kawan PMI memiliki 5 anggota.


Dalam acara tersebut hadir ratusan warga Desa Mekar Baru yang terdiri dari para Ketua RT/RW/Jaro, Kader PKK, Kader Posyandu, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan elemen masyarakat. Selain itu juga diikuti pengurus Forum Perlindungan Migran Indonesia (FPMI) Banten.


Dalam sambutannya, Kades Mekar Baru Suja'i mengatakan, sosialisasi ini penting agar warga memahami prosedur yang benar jika ingin kerja ke luar negeri, agar tidak terjebak sindikat pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI)/TKW secara ilegal atau nonprosedural.


"Jika ada peluang kerja di Indonesia, lebih baik kerja di Indonesia. Tapi jika memang harus kerja ke luar negeri, sebaiknya menempuh jalur resmi dan jangan ilegal. Karena hal ini berpotensi mengalami TPPO (tindak pidana perdagangan orang)," kata Suja'i.


Diterangkan, mayoritas warga Desa Mekar Baru, selain bertani, juga bekerja sebagai PMI/TKW. Karena itu, Pemdes Mekar Baru akan terus melakukan pengawasan agar warga tidak terjebak oknum tertentu kerja di luar negeri secara ilegal.


Sementara, Camat Mekar Baru Aan Ansori saat membuka acara sosialisasi berpesan kepada warga agar materi yang disampaikan narasumber benar-benar dipahami sehingga warga memahami prosedur yang benar saat akan kerja ke luar negeri.


Dia juga mengingatkan kepada para perangkat desa, RT/RW, para kader, tokoh masyarakat dan elemen di Desa Mekar Baru untuk meneruskan sosialisasi ini kepada warga secara umum untuk mencegah PMI/TKW nonprosedural.


Adapun sebagai narasumber dalam acara sosialisasi yakni Ketua Komunitas Relawan Pekerja Migran Indonesia (KAWAN PMI) Marnan Sarbini dengan materi Pencegahan Penempatan PMI Nonprosedural dan Pendampingan PMI Bermasalah.


Marnan mencontohkan sejumlah kasus yang dialami oleh PMI yang berangkat secara nonprosedural. "Di wilayah Kabupaten Tangerang ini, banyak kasus-kasus memprihatinkan yang dialami oleh para pekerja migran yang berangkat secara nonprosedural mulai dari depresi, cacat fisik, menjadi korban kekerasan hingga meninggal dunia," ujarnya.


Narasumber berikutnya Kasi Kelembagaan dan Pemasyarakatan, Berliandy SH mengajak kepada warga agar menempuh jalur resmi saat akan bekerja ke luar negeri agar tidak menjadi korban TPPO (tindak pidana perdagangan orang).


"Sebelum memutuskan kerja ke luar negeri, silahkan menghubungi BP3MI atau Disnaker agar mendapat informasi peluang kerja yang resmi. Hindari kerja melalui Sponsor atau Calo agar tidak diberangkatkan secara ilegal," pesannya saat menyampaikan materi Kebijakan Penempatan dan Perlindungan PMI mengatakan banyak peluang kerja resmi ke luar negeri. 


Ananta (Divisi Penyebarluasan Informasi Kawan PMI Kab. Tangerang)


0 Comments: