Headlines
Loading...
Kasus Dugaan Pembunuhan TKW Ene Engsih, Kades Mekar Baru Suja'i: Keluarga Fokus Proses Sidang, Abaikan Saja Sponsor!

Kasus Dugaan Pembunuhan TKW Ene Engsih, Kades Mekar Baru Suja'i: Keluarga Fokus Proses Sidang, Abaikan Saja Sponsor!


TANGERANG, INFOTERBIT.COM - Masih ingat Pekerja Migran/TKW Ene Engsih asal Kp. Sura, Desa Mekar Mekar Baru Tangerang yang dianiaya hingga meninggal dunia? Kasus tersebut kini telah memasuki masa persidangan.


Hal itu diketahui setelah pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mendatangi rumah Ene Engsih belum lama ini didampingi oleh Kepala Desa Mekar Baru, Suja'i.


Dalam pertemuan itu, menurut Kades Suja'i, sebagai kuasa hukum keluarga adalah perwakilan dari pihak Kemenlu yang ditunjuk. "Kuasa Hukumnya dari pihak Kemenlu, tidak ada kuasa hukum lain," katanya.


Kades Suja'i juga menegaskan bahwa kasus ini akan dikawal langsung pihaknya bersama KAWAN PMI (Komunitas Relawan Pekerja Migran Indonesia) Kabupaten Tangerang. "Saya juga sudah sampaikan kepada pihak keluarga, jangan sampai terpengaruh pihak-pihak manapun. Kasus ini akan saya kawal sampaI tuntas bersama KAWAN PMI Kab . Tangerang," ungkap Kades Suja'i, Jumat malam (20/10/2023).


Kades Suja'i juga telah meminta agar pihak keluarga mengabaikan Sponsor/Calo yang memberangkatkan Ene Engsih sebagai TKW ke Arab Saudi. Karena selama ini pihak Sponsor telah mengabaikan sejumlah point kesepakatan dengan keluarga Ene Engsih.


"Keluarga Ene Engsih pernah meminta bantuan untuk kegiatan selamatan sampai 40 hari, hal itu juga tertuang dalam kesepakatan, tapi tak pernah dibantu. Lalu, kasus ini juga berlarut-larut hingga sekitar seolah Sponsor lepas tangan," ujar Suja'i.


Karena itu, dia telah minta agar pihak keluarga mengabaikan jika ada lagi iming-iming calo/sponsor. "Kita fokus pada persidangan Ene Engsih dan siapapun pihak yang terlibat, baik penganiayaan, pembunuhan maupun yang memberangkatkan harus diproses sesuai ketentuan hukum," kata Kades Suja'i.


Seperti diketahui, Ene Engsih diberangkatkan sebagai TKW ke Arab Saudi pada tahun 2021. Ene adalah warga Kp. Sura, RT 01/01, Desa/Kec. Mekar Baru, Kab. Tangerang.


Ene Engsih diinfokan meninggal pada bulan September 2022 dan selang beberapa bulan kemudian jenazahnya baru dimakamkan di Arab Saudi. Hingga kini, pihak keluarga Almarhumah belum mendapatkan hal-hak yang seharusnya diterima Ene Engsih.

 

Ananta/TiMS


0 Comments: