Headlines
Loading...
Dibuka Camat Mekar Baru, Kades Waliwis Gandeng KAWAN PMI Kab. Tangerang Sosialisasi Cegah Pekerja Migran Ilegal

Dibuka Camat Mekar Baru, Kades Waliwis Gandeng KAWAN PMI Kab. Tangerang Sosialisasi Cegah Pekerja Migran Ilegal


TANGERANG, INFOTERBIT.COM - Seratusan warga Desa Waliwis Kec. Mekar Baru, Kab. Tangerang mengikuti Sosialisasi Pencegahan Penempatan Pekerja Migran Indonesia Secara Nonprosedural dan Peningkatan Pelindungan PMI.


Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Balai Desa Waliwis pada Rabu 25 Oktober 2023 ini dihadiri oleh Kades Waliwis Rapiudin dan Camat Mekar Baru Aan Ansori, SIP., M.Si.


Adapun pemateri dalam kegiatan Dadi Mulyadi (Pengantar Kerja Ahli Muda BP3MI Banten), Gaos (Disnaker Kab. Tangerang), Marnan Sarbini dan Ananta P dari KAWAN PMI (Komunitas Relawan Pekerja Migran Indonesia) Kab. Tangerang.


Sementara, peserta yang hadir terdiri dari para Ketua RT/RW/Jaro, Kades PKK, Kader Posyandu, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan elemen masyarakat.


Dalam sambutannya, Kades Waliwis Rapiudin mengatakan, sosialisasi ini penting agar warga memahami prosedur yang benar jika ingin kerja ke luar negeri, agar tidak terjebak sindikat pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI)/TKW secara ilegal atau nonprosedural.


"Jika ada peluang kerja di Indonesia, lebih baik kerja di Indonesia. Tapi jika memang harus kerja ke luar negeri, sebaiknya menempuh jalur resmi dan jangan ilegal. Karena hal ini berpotensi mengalami TPPO (tindak pidana perdagangan orang)," kata Rapiudin.


Menurut Kades, Pemdes Waliwis akan terus melakukan pengawasan agar warga tidak terjebak oknum tertentu kerja di luar negeri secara ilegal.


Sementara, Camat Mekar Baru Aan Ansori saat membuka acara sosialisasi berpesan kepada warga agar materi yang disampaikan narasumber benar-benar dipahami sehingga warga memahami prosedur yang benar saat akan kerja ke luar negeri.


Dia juga mengingatkan kepada para perangkat desa, RT/RW, para kader, tokoh masyarakat dan elemen di Desa Waliwis untuk meneruskan sosialisasi ini kepada warga secara umum untuk mencegah PMI/TKW nonprosedural.


Adapun materi yang disampaikan oleh para narasumber diantaranya sekilas gambaran kondisi Pekerja Migran Indonesia saat inu, pencegahan Penempatan PMI Nonprosedural dimulai dari Desa, Pendampingan PMI Bermasalah, Kebijakan Penempatan dan Perlindungan PMI dan Pemberdayaan PMI Purna.


Ananta (Divisi Penyebarluasan Informasi Kawan PMI Kab. Tangerang)


0 Comments: