Headlines
Loading...
Camat Mekar Baru Bersama KAWAN PMI Lanjutkan Roadshow Sosialisasi Cegah Pekerja Migran Ilegal ke Seluruh Desa

Camat Mekar Baru Bersama KAWAN PMI Lanjutkan Roadshow Sosialisasi Cegah Pekerja Migran Ilegal ke Seluruh Desa


TANGERANG, INFOTERBIT.COM - Camat Mekar Baru Kabupaten Tangerang Aan Ansori, SIP., M.Si., menegaskan, pihaknya akan melakukan roadshow ke seluruh desa yang ada di wilayahnya untuk menyosialisasikan pencegahan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal atau nonprosedural.


Hal ini disampaikan Camat Aan saat membuka Sosialisasi Pencegahan Penempatan Pekerja Migran Nonprosedural di Desa Waliwis, Rabu 25 Oktober 2023.


Camat Mekar Baru mengatakan, dari sekitar 43 ribu jiwa penduduk di Kecamatan Mekar Baru, mayoritas bekerja di luar negeri menjadi PMI/TKW. "Diantara yang berangkat itu, ada yang melalui jalur resmi dan banyak juga yang ilegal atau nonprosedural," kata Aan Ansori.


Karena itu, pihaknya sejak awal menjabat Camat Mekar Baru sebulan ini, akan berkomitmen mencegah keberangkatan warganya sebagai PMI secara ilegal. Sebab, ada sejumlah kejadian menyedihkan yang menimpa warganya akibat berangkat secara ilegal.


"Ada yang pulang dalam kondisi depresi, sakit, cacat fisik bahkan sudah ada dua warga kami meninggal dunia," ujarnya.


Karena itu, pihaknya menggandeng KAWAN PMI (Komunitas Relawan Pekerja Migran Indonesia) Kabupaten Tangerang untuk turut menyosialisasikannya.


"Kita kerjasama dengan KAWAN PMI dan seluruh desa di Mekar Baru wajib melaksanakan sosialisasi pekerja migran. Saat ini sudah dua desa yang melaksanakan yakni Desa Mekar Baru dan Waliwis," tambah Aan.


Seperti diketahui, KAWAN PMI Kabupaten Tangerang adalah Komunitas Relawan Pekerja Migran Indonesia yang dibentuk oleh BP2MI (Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia) melalui BP3MI (Balai Pelayanan Pekerja Migran Indonesia).


Lima anggota KAWAN PMI Kab. Tangerang dikukuhkan bersama pengurus lainnya dari berbagai kabupaten/kota di Indonesia oleh Kepala BP2MI (Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia) Benny Rhamdani, belum lama ini.


Camat Mekar Baru Aan Ansori optimiatis, melalui sosialisasi dari desa ke desa akan efektif untuk mencegah pengiriman PMI/TKW secara ilegal.


"Mari kerja ke luar negeri melalui jalur resmi agar tidak menjadi korban perdagangan manusia. Jangan mau jadi pekerja migran ilegal, jangan tergoda iming-iming gaji besar dari para calo/sponsor. Kerja ke luar negeri lewat jalur resmi," tegas Camar Aan Ansori.


Ananta (Divisi Penyebarluasan Informasi Kawan PMI Kab. Tangerang)



0 Comments: