Headlines
Loading...
DP3A Kabupaten Tangerang Gelar Rakor Gugus Tugas Pencegahan TPPO

DP3A Kabupaten Tangerang Gelar Rakor Gugus Tugas Pencegahan TPPO


TANGERANG, INFOTERBIT.COM - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Tangerang menggelar rapat koordinasi (Rakor) Gugus Tugas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Gotel Soll Marina, Selasa 11 Juli 2023.


Kegiatan ini dihadiri sejumlah pejabat dinas/instansi terkait anggota Gugus Tugas TPPO dan anggota gugus tugas TPPO dari elemen masyarakat seperti FPMI (Forum Perlindungan Migran Indonesia), SBMI, Lembaga Perlindungan Anak Indonesia dan lainnya.


Kasi Perlindungan Perempuan dan Anak dr. Yekti Wulandari Agustini, MARS mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk evaluasi sosialisasi pencegahan TPPO yang dilakukan anggota Gugus Tugas TPPO. "Hal ini juga menjadi langkah serius pemerintah untuk mencegah terjadinya kasus perdagangan orang," ungkapnya.


Kasat Reskrim Polresta Bandara Kompol Reza Fahlevi mengungkapkan, selama ini telah banyak kasus TPPO yang diungkap Polresta Bandara. Yang terbaru adalah kasus TPPO ke negara Kamboja. "Kami berhasil menggagalkan pemberangkatan PMI nonprosedural ke Kamboja,"'ujarnya.


Ahmad Gaos dari Disnaker Kabupaten Tangerang mengatakan, untuk melakukan pencegahan TPPO, perlu sinergitas berbagai pihak. "Sosialisasi sampai ke tingkat masyarakat harus gencar dilakukan sebab masih banyak warga yang tidak tahu bahwa mereka berangkat sebagai PMI secara unprosedural," katanya.


Ketua FPMI Banten Marnan Sarbini menegaskan, pencegahan TPPO menjadi tugas bersama dari pejabat atas hingga kepala desa, bahkan harus sampai RT/RW. "Agar efektif, pencegahan TPPO harus sampai tingkat RT/RW, sekolah-sekolah, karang taruna, majelis taklim dan ke berbagai komunitas warga," ujarnya.


Ananta/TiMS



0 Comments: