Headlines
Loading...
HNSI Kab. Tangerang Ikut Serta Aksi Penanaman 1001 Bibit Mangrove di Ketapang Mauk

HNSI Kab. Tangerang Ikut Serta Aksi Penanaman 1001 Bibit Mangrove di Ketapang Mauk


TANGERANG, INFOTERBIT.COM - Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tangerang ikut serta dalam aksi penanaman bibit mangrove di pesisir Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Kamis 21 Juli 2022.


Kegiatan ini melibatkan berbagai instansi dan elemen masyarakat, diantaranya Kecamatan Mauk, Polsek Mauk, Pos AL Kronjo, KNPI dan PMI.


Ketua HNSI Kabupaten Tangerang, H. Abudin mengatakan, pihaknya mengerahkan puluhan nelayan anggotanya hadir dan ikut menanam bibit mangrove. Selain itu turut serta pengurus ranting HNSI dari berbagai wilayah.


"Dalam kegiatan ini ada 1001 bibit mangrove yang ditanam. Penanaman mangrove ini menjadi bagian dari program kerja HNSI Kabupaten Tangerang. Kami sangat senang bisa terlibat dalam kegiatan ini," ujar H. Abudin.


Menurutnya, program penanaman mangrove HNSI Kab. Tangerang sudah beberapa kali dilakukan. "Selain di wilayah Pesisir Kronjo, juga di pesisir Kemiri dan Pagedangan Udik. "Saat ini, kami melakukan penanaman di pesisir Mauk," ujarnya. 


Kegiatan ini sebagai upaya kepedulian lingkungan untuk mencegah abrasi. "Dengan adanya pohon mangrove, lingkungan pesisir terlindungi, dan memunculkan habitat laut seperti kepiting bakau," katanya.


Ditambahkan, jika habitat terjaga, maka akan mendongkrak pendapatan nelayan sebab hasil tangkapan ikan akan melimpah.


Karena itu, HNSI Kab. Tangerang selalu mengajak para nelayan untuk berperan aktif menjaga kelestarian lingkungan kawasan pesisir. 


"Kami juga berpesan kepada para nelayan agar terus bersama menjaga lingkungan. Jika lingkungan terjaga, maka habitat lain dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan para nelayan," pungkas H. Abudin.


Ananta/TiMS


0 Comments: