Headlines
Loading...


SERANG, INFOTERBIT.COM - Salah satu sisi bangunan di Kantor Polres Serang Kota yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Cipare, Kota Serang, Banten, menjadi daya tarik tersendiri siapapun yang berkunjung ke sana. 


Berbeda dari bangunan lainnya, gedung yang kini ditempati oleh Bagian Humas Polres Serang kota itu tampak klasik, dengan arsitektur Belanda.


Menurut Kapolres Serang Kota AKBP Maruli Achiles Hutapea SIK, MH melalui Kasi Humas Polres Serang Kota IPTU Iwan Sumantri, bangunan itu memang bernilai sejarah.


Dikatakan, gedung yang kini jadi kantornya itu dibangun pada tahun 1900-an dan merupakan peninggalan Belanda. 


Dulunya, gedung ini dipakai untuk OSVIA atau Opleidingen School Voor Inlandsche Ambtenaren.


OSVIA adalah sekolah yang mendidik para calon pegawai Bumiputra di zaman Hindia Belanda. Mereka yang sekolah di sini mempelajari berbagai keilmuan administrasi pemerintahan. Lulusannya akan dipekerjakan dalam pemerintahan kolonial sebagai pamong.


Yang membanggakan bagi Banten karena pada masa itu, OSVIA hanya ada di 6 daerah saja, termasuk salah satunya di Kota Serang. Lima sekolah OSVIA lainnya berada di Madiun, Blitar, Bandung, Magelang dan Probolinggo.


Kota Serang menjadi salah satu pusat pendidikan pada masa itu. Karena, selain OSVIA terdapat sejumlah sekolah di masa kolonial Belanda. Diantaranya; Normaal School, yang kini bangunannya dijadikan Markas Korem) 064/Maulana Yusuf Serang. Berikutnya Hollandsch-Inlandsche School (HIS), Europeesche Lagere School (ELS), Hollandsch-Chineesche School (HCS), Sekolah Desa dan beberapa lainnya.


Kasi Humas Polres Serang Kota IPTU Iwan Sumantri mengatakan, gedung bekas OSVIA tersebut kini sedang dalam tahap penyelesaian pembenahan, tapi tetap tidak merubah arsitektur aslinya.


Selama ini, bangunan bersejarah tersebut terawat dengan baik. Bangunan ini ditetapkan menjadi cagar budaya atau dilindungi.


Menilik sejarah, bangunan tua itu sebelumnya ditempati oleh Polres Serang. Namun setelah pemekaran, kini menjadi kantor Polres Serang Kota.


Sejumlah Pimpinan Tertinggi Polri sebelumnya juga pernah berkantor di sini. Diantaranya mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian yang pernah menjabat Kapolres Serang tahun 2005.


Selain itu, mantan Wakapolri Komjen Pol (Purn) Ari Dono Sukmanto yang juga pernah menjabat Kapolres Serang tahun 2004.


Hms/TiMS



0 Comments: