Headlines
Loading...
Mengikuti Aktifitas Nelayan Jaring Sero di Perairan Kronjo Tangerang (Bagian-2)

Mengikuti Aktifitas Nelayan Jaring Sero di Perairan Kronjo Tangerang (Bagian-2)


Catatan Ananta

Founder Terbit Media Sindikasi/InfoTerbit Grup

Dalam kondisi gelap di tengah laut, muncul cahaya api berjajar. Itu adalah lampu lentera sederhana yang sengaja ditaruh para nelayan di bagian bawah bagan. Apa fungsinya?

LAMPU lentera di bagian bawah bagan ternyata punya sejumlah fungsi. Meski tampilannya sederhana, bagi para nelayan, lampu berbahan bakar minyak tanah itu sangat penting. 

Diketahui, bagan adalah alat bantu menangkap ikan sederhana yang terbuat dari bambu. Di bawah bagan itulah jaring sero dipasang sebagai perangkap ikan. 

Udin, seorang nelayan di Perairan Kronjo Tangerang menjelaskan, lampu yang dipasang itu dimodifikasi sendiri. Berbahan dari botol bekas air mineral. Lalu di bagian atas diberi sumbu.

"Untuk bahan bakarnya, biasanya saya memakai minyak tanah," kata Udin, Senin (24/5/2021).



Tapi, sambungnya, seiring perkembangan teknologi, juga juga ada lampu bagan yang lebih praktis seperti LED ikan.

Dengan lampu LED ini, nelayan tak perlu bersusah payah mencari minyak tanah yang kini kian langka. Selain itu tak perlu khawatir lampu itu mati kena angin laut atau kehabisan bahan bakar.

Udin menambahkan, ada dua fungsi lampu yang dipasang di bagian bawah bagan. "Pertama untuk penanda bahwa di sini ada bagan sehingga jika ada kapal melintas tidak menabrak," katanya.

Kedua, pencahayaan bagian bawah bagan juga penting untuk menarik ikan mendekat, terutama ikan-ikan kecil seperti teri.

"Sebab, ikan kecil seperti teri atau lainnya menyukai cahaya sehingga menguntungkan hasil tangkapan," ujarnya. (Bersambung)




Baca Kisah Nelayan Sero - Bagian 1

*Mengikuti Aktifitas Nelayan Jaring Sero di Perairan Kronjo Tangerang (Bagian-1)* https://www.infoterbit.com/2021/05/mengikuti-aktifitas-nelayan-jaring-sero.html


0 Comments: