Headlines
Loading...
Beby, Pemuda Desa Kedung Gunung Kaler yang Jago Bikin Miniatur Perahu dan Kapal Pesiar

Beby, Pemuda Desa Kedung Gunung Kaler yang Jago Bikin Miniatur Perahu dan Kapal Pesiar


TANGERANG, INFOTERBIT.COM -  Sebuah kreatifitas kerajinan tangan lahir dari seorang anak muda Desa Kedung, Kecamatan Gunung Kaler, Kab. Tangerang. 


Nama Beby, warga Kp. Kedung 3 RT 005/002 Desa Kedung Gunung Kaler mulai dikenal karena keahliannya membuat miniatur perahu dan kapal pesiar.

Menurut Beby, miniatur perahu dan kapal pesiar yang dibuat berawal dari ketidaksengajaan. Ide itu muncul dari tradisi di kampungnya.

Sudah jadi kebiasaan, dalam acara tasyakuran kelahiran anak sekaligus memberi nama, biasanya disediakan tempat untuk menaruh uang receh yang akan dibagikan ke undangan yang ikut hadir di acara tersebut.

"Agat tempat itu terlihat menarik, maka saya membuat wadah uang receh itu yang berbentuk miniatur perahu atau kapal pesiar ini," kata pemuda berusia 20 tahun ini kepada InfoTerbit.com, Minggu (1/11/2020).

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatny pun cukup murah, mudah didapatkan dan bisa memanfaatkan barang tak terpakai. Yakni; bambu bekas potongan, lem Fox, pernis dan pisau cutter.
 
Saat miniatur perahu pertamanya selesai dikerjakan, Beby memposting foto miniatur tersebut di salah satu group WhatsApp.

Rupanya, karya Beby mendapat sambutan antusias dari anggota group. Salah satunya dari Opik, Waka Ormas BPPKB Banten DPAC Gunung Kaler dan juga dari H. Saadullah, Kades Kedung yang juga salah satu Pembina di Ormas BPPKB Banten tersebut.

"Dari situ, saya jadi tambah bersemangat untuk terus membuat karya miniatur perahu. Saya juga membuat miniatur kapal pesiar," kata Beby, putra bungsu dari pasangan Maman dan Ramnah (almarhumah).

Kini, karyanya makin diminati masyarakat. Di masa pandemi Covid-19 ini, hasil kerajinan tangan yang dibuat dapat untuk menyambung hidup dan menambah uang jajan sehari-hari.

"Alhamdulillah, hasilnya dapat membantu ekonomi keluarga," ujar Beby yang sehari-harinya juga sering mendapat order untuk membuat layangan atau gowangan.

Kades Kedung H. Saadullah memberi apresiasi atas kerajinan tangan warganya yang dinilainya sangat kreatif. Bahkan, dia berencana melelang miniatur karya Beby dalam Pameran Kecamatan Gunung Kaler.

"Semoga kreatifitas kerajinan tangan warga kami Saudara Beby ini dapat dikenal dan mendapat perhatian khusus dari dinas terkait," pungkas H. Saadullah.

Penulis: Ajat
Editor: Ananta





0 Comments: