Headlines
Loading...

KULONPROGO, INFOTERBIT.COM - Polres Kulonprogo baru saja menggelorakan dan mensosialisasikan program Pit Selawe (Pit Kanggo Sekolah Lan Nyambut Gawe/Sepeda Untuk Sekolah dan Bekerja).

Program ini untuk mendukung Program Indonesia Sehat yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo.

Menurut Kapolres Kulonprogo AKBP Tartono, S.H., M.B.A., program ini ditujukan untuk menekan kejahatan jalanan yang mayoritas korbannya adalah pelajar.

"Pelajar yang membawa sepeda motor ke sekolah menjadi salah satu fokus Polda DIY dan jajaran. Melalui Pit Selawe, mereka cukup membawa sepeda ke sekolah," katanya.

Di sisi lain, Kapolres yakin bahwa program ini dapat menekan angka kecelakaan dan mengurangi pelanggaran lalu lintas terutama anak dibawah umur yang belum punya SIM.

“Melalui Pit Selawe, kami memberikan edukasi kepada masyarakat umum, khususnya anak sekolah yang di bawah umur dimana masih sering terlihat lalu lalang mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi, tidak menggunakan helm, apalagi tidak punya SIM," tambah Kapolres.

Dia berharap, Pit Selawe dapat dibudayakan dengan menjadikan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari. "Ini juga bagian untuk membudayakan hidup sederhana dan ramah lingkungan," ujar AKBP Tartono.

Penulis: Tim Jateng
Editor: Ananta

0 Comments: