Headlines
Loading...
Binrohtal Polda Banten, KH. Edang DQ; "Akal Antar Manusia Raih Ilmu dan Hikmah"

Binrohtal Polda Banten, KH. Edang DQ; "Akal Antar Manusia Raih Ilmu dan Hikmah"


SERANG, INFOTERBIT.COM - KH. Edang Darul Qutn'i mengatakan, kata "akal" dan aneka bentuknya dalam jumlah yang demikian banyak mengisyaratkan pentingnya peranan akal.

Bahkan kedudukan itu diperkuat oleh ketetapan al-Qur’an tentang pencabutan/pembatasan wewenang mengelola dan membelanjakan harta-walau milik seseorang bagi yang tidak memiliki akal/pengetahuan (Q.S. An-Nisa ayat 5).

Hal ini diungkapkan saat menyampaikan ceramah Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) untuk seluruh personel Polda Banten, di  Masjid Baiturrahman Polda Banten, Kamis, (13/2/2020), pukul 07.30 Wib. Kegiatan ini dihadiri oleh para PJU Polda Banten ,Personel dan PNS Polda Banten.

Kegiatan diawali dengan membaca Surat Yasin, dilanjutkan KH. Edang Darul Qutn'i menyampaikan ceramah tentang akal.

Lebih lanjut disanpaikan KH. Edang, melalui akal, lahir kemampuan menjangkau pemahaman sesuatu yang pada gilirannya mengantar pada dorongan berakhlak luhur. Ini dapat dinamai al-‘aql al-wazi’, yakni akal pendorong.

"Akal juga digunakan untuk memperhatikan dan menganalisis sesuatu guna mengetahui rahasia-rahasia yang terpendam untuk memperoleh kesimpulan ilmiah dan hikmah yang dapat ditarik dari analisis tersebut," ujarnya.

Terkahir, KH. Edang menyampaikan akal yang dimaksud oleh al-Qur’an adalah akal yang mengantar manusia meraih ilmu pengetahuan dan hikmah serta mengantarnya menuju akhlak luhur serta pemeliharaan kesucian nurani.

Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Agung Sabar Santoso, S.H., M.H melalui Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi mengatakan, Binrohtal untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan personel Polda Banten.

"Hal ini juga dalam rangka melaksanakan program prioritas Kapolri yang ke-1, yaitu Mewujudkan SDM Polri Unggul guna membentuk karakter personel Polda Banten yang lebih baik dan humanis," ungkapnya.

Penulis: Aam
Editor: Ananta

0 Comments: